
Ulangan : TRY OUT ( 2 ) USBN
Pelajaran : Agama Kristen Protestan
Kelas : XII ( Program MIA – I I S )
Waktu : 90 menit
Tahuan Ajaran : 2016-2017
1. Hasil
kebudayaan manusia yang ada hubungannya dengan kerohanian yang benar di hadapan
Allah adalah…
a. Istana
Raja Herodes yang mewah
b. Kemah
suci di padang gurun
c. Lembu
sapi di kaki gunung
d. Menara
Babel karya anak-anak Nuh
e. Kuil
Baal orang Filistin
2. Hasil
kebudayaan manusia yang merupakan bentuk pemberontakan manusia kepada Allah
adalah…
a. Lembu
sapi yang terbuat dari emas
b. Tembok
Yerusalem yang dibangun kembali
c. Pembacaan
kitab Taurat oleh ezra
d. Pernikahan
antara Rut dan Boas di Israel
e. Kemah
suci yang didirikan oleh Musa
3. Kemajuan
ilmu pengetahuan menuntut sumber daya memadai. Tetapi jika hanya memusatkan
diri pada ilmu pengetahuan, manusia sebagai ciptaan Allah akan mengalami…
a. Kemajuan
teknologi canggih
b. Hidup
sesuai kemajuan zaman
c. Perbuhan
yang berarti dalam hidup
d. Banyaknya
kemudahan dan hemat
e. Hidup
jauh dari persekutuan Tuhan
4. Modernitas
dan IPTEK itu sangat positif. Tetapi juga membawa pengaruh negatif untuk
manusia. Salah satu pengaruh negative langsung IPTEK tersebut kepada manusia
ialah….…
a. Tenaga
manusia di ganti dengan mesin
b. Mengidolakan
ilmu pengetahuan modern
c. Menganut
pola hidup sehat dengan olahraga
d. Terbiasa
bergerak cepat and disiplin
e. Setiap
orang Mengembangkan diri secara professional
5. Contoh
ilmu pengetahuan yang tidak berkenan kepada Tuhan adalah…
a. Tindakan
euthanasia
b. Perang
kekuatan ilmu kuasa jahat
c. Penemuan
vaksin untuk malaria
d. Bakti
social melalui pengobatan gratis
e. Arkeologi
untuk meneliti Alkitab
6. Kebudayaan
IPTEK dan teknologi canggih yang
dikembangkan dalam kekudusan Allah dan ditunjukan utk kemuliaan Allah akan
menghasilkan
a. Kesejahteraan
bagi seluruh rakyat
b. Perilaku
yang menghormati Allah
c. Kemajuan
pendidikan generasi bangsa
d. Kemajuan
pembangunan di Indonesia
e. Generasi
muda yang mandiri dan potensial
7. Dalam
sebuah acara pernikahan, tua tua adat memimpin pesta pernikahan adat. Pendeta
memberkati pernikahan kudus di gereja. Kedua sisi ini berjalan damai sebagai
bentuk dari sikap…
a. Dualisme
b. Dominasi
c. Akomodasi
d. Antagonis
e. Pengudusan
8. Jika
gereja mengambil sikap yang antagonis terhadap kebudayaan, artinya gereja melakukan
hal berikut…
a. Menolak
semua kegiatan gereja
b. Menentang
semua unsur budaya
c. Meninggalkan
semua tua adat
d. Menginterogasi
pemuka adat
e. Mendampingi
para pemuda adat
9. Tujuan
orang Kristen mengembangkan IPTEK yang benar adalah…
a. Memenuhi
kebutuhan hidup manusia yg mencipta IPTEK
b. Manusia
yg mempergunakan IPTEK mendapat
keuntungan
c. Menerima
penghargaan atas prestasinya mencipta iptek
d. Menolong
dan memudahkan dunia melalui prestasinya
e. Menolong
dan memudahkan manusia menjalankan pekerjaan
10.
Perintah Allah kepada
manusia untuk menaklukkan bumi dan menguasainya
mengandung
pengertian bahwa manusia diizinkan Tuhan untuk…
a. Menggunakan
alam sesuka hati sebab ada Tuhan yang memelihara
b. Mengolah
alam untuk menerima kekayaan sebesar-besarnya
c. Melakukan
apa saja terhadap alam semesta ciptaan Tuhan
d. Memanfaatkan
alam semesta demi modernisasi
e. Mengusahakan
dan mengolah alam untuk kehidupan yg baik
11.
Dibawah ini yang
menjadi persamaan gereja dan keluarga
Kristen ialah…
a. Keluarga
dan Gereja merupakan sebuah lembaga yang terus bertumbuh
b. Keluarga
dan Gereja merupakan sebuah lembaga yang terus bertolak belakang
c. Keluarga
dan Gereja merupakan sebuah lembaga yang terus fasif
d. Keluarga
dan Gereja merupakan sebuah lembaga yang terus bergerak turun
e. Semua
jawaban benar
12.
Setiap keluarga Kristen
adalah “gereja mini”. Konsekuensinya ialah semua fungsi dan panggilan gereja
juga ada didalam keluarga Kristen, yaitu kecuali…
a. Koinonia
(persekutuan)
b. Marturia
(kesaksian)
c. Didaskhalia
(pengajaran)
d. Diakonia
(pelayanan)
e. Apologetika
(pembelaan iman)
13.
Sistem pemerintahan
gereja yang dianut sebagaian besar gereja Protestan,
ialah,
a. Prebiterial dan sinodal
b.
Kongregasional
c. Episkopal
d. Pastoral
e. Oukumenikal14.
Sebagai siswa kelas XII. Kamu sudah belajar mengenai Multikulturalisme.
Arti multikultur ialah,
a. Bersatu
kita teguh bercerai kita runtuh
b. Bersatu
dalam satu warna
c. Terdiri
dari berbagai latar nbelakang, adat, agama dan geografis dan
tingkat kehidupan
d. Terdiri
dari kesamaan latar belakang, adat, agama dan geografis dan
tingkat kehidupan
e. Terdiri
dari kesamaan suku dan agama
15.
Defenisi Multikulturalisme ialah.
a. Tuntutaan
untuk menerima dan memperlakukan semua orsang didalam
berbagai perbedaaannya sebagai manusia
yg bermartabat dan mulia
sebagai
ciptaan Tuhan
b. Tuntutaan
untuk menolak dan membedakan semua orsang didalam perbedaaannya sebagai
manusia yg bermartabat dan mulia sebagai ciptaan Tuhan
c. Tuntutan
untuk menerima dan memperlakukan seseorang didalam berbagai perbedaaannya
sebagai manusia yg tidak bermartabat dan tidak mulia sebagai ciptaan Tuhan
d. Tuntutaan
untuk menerima dan memperlakukan semua orang didalam berbagai perbedaaannya
sebagai manusia yg bermartabat dan mulia sebagai ciptaan ayahnya
e. Tuntutaan
untuk menolak untuk memuliakan n semua orang didalam berbagai perbedaaannya
sebagai manusia yg bermartabat dan mulia sebagai ciptaan ayahnya
16. Konsep
multikulturalisme tidak sama dengan konsep keanekaragaman dari segi suku bangsa atau kebudayaan.
Alasannya ialah karena multikulturalisme menekankan….
a. keanekaragaman
dan kesederajatan
b. perbedaan
dan kesatuan warna
c. warna
kulit dan suku
d. bahasa
dan kebangsaan
e. agama
dan aras politik
17. Konsep
multikulturalisme sangat penting karena erat kaitannya dengan Hak
Azasi Manusia, karena mengandung
prinsip……
a. Keadilan
dan persamaan
b. Persamaan
dan kepelbagaian
c. Keadilan
dan kesemena-menaan
d. Persamaan
dan hegemoni total
e. Keadilan
dan ketidak teraturan
18. Menjadi
manusia baru itu sangat penting karena akan membaharui konsep
berpikir terutamma pandangan terhadap
orang lain. Yaitu pandangan…..
a. Menerima,
menghargai dan mengasihi sesamanya tanpa memandang berbagai perbedaan.
b. Menerima,
tetapi tidak menghargai sesamanya dan selalu memandang perbedaan yang
ada.
c. Tidak
mau Menerima, menghargai dan mengasihi sesamanya karena hanya memandang
berbagai perbedaan yang ada.
d. Menerima,
menghargai dan mengasihi sesamanya dengan membuat batasan melalui pandangan
terhadap berbagai perbedaan.
e. Menerima,
menghargai tetapi mengasihi sesamanya karena selalu memandang
berbagai perbedaan.
19. Menjadi
siswa yang memiliki pandangan multicultural itu sangat penting.
Cara untuk selalu berpikir dan
bertindak multicultural , ialah dengan…..
a. Berpedoman
kepada nilai universal
b. Berpedoman
kepada gaya hidup modern
c. Berpedoman
kepada janji siswa
d. Berpedoman
kepada pendangan orang banyak
e. Berpedioman
kepada ajaran firman Tuhan, yaitu Alkitab
20. Dalam
konteks Indonesia, kesadaran tentang multikukltur itu, mutlak. Supaya
kesadran tersebut selalu tercipta setiap
masyarakyat Indonesia perlu memiliki
beberapa hal, yakni, kecuali…..
a. Perlakukan
yang sama terhadap semua komunitas dan budaya, baik mayoritas atau minoritas
b. Penghargaan
tertinggi terhadak Hak azasi Manusia
c. Unsur
kebersamaan, solidaritas,mkerja sama dan hidup berdampingan secara damai.
d. Kesederajatan
,kedudukan dalam berbagai keberagaman, baik secara individu maupunkelompok
serta vbudaya.
e. Perlakuan
yang tidak sama terhadap semua komunitas dan budaya serta penolakan terhadap
kebudayaan tertentu
21. Menurut
Wikipedia INdonesia, ada beberapa sikap yang perlu dihindari guna
Membangun masyarakyat multicultural,
yaitu, kecuali
a. Primordialisme
b. Etnosentrisme
c. Diskriminatif
d. Stereotip
e. Orientative
22. Perasaan
kesukuan yang berlebihan, merasa sukunya paling unggul,maju dan
baik. Merupakan pengertian dari….
a. Primordialisme
b. Etnosentrisme
c. Diskriminatif
d. Stereotip
e. Orientative
23. Pandangan
yang berpangkal pada masyarakyat dan kebudayaan nya sendiri
dan meremehkan masyarakyat dan
kebudayaan lain, adalah pengertian dari.
a. Primordialisme
b. Etnosentrisme
c. Diskriminatif
d. Stereotip
e. Orientative
24. Konsepsi mengenai sifat suatu golongan
berdasarkan prasangka yang
subyektif
dan menyimpang, adalah pengertian dari……..
a. Primordialisme
b. Etnosentrisme
c. Diskriminatif
d. Stereotip
e. Orientative
25. Cara pandang multikulturalisme adalah
ideology yang perlu dipertahankan dan
dikembangkan.
Alasannya ialah untuk…
a. Menghapus dominasi antar manusia,
suku bangsa, budaya dan gepografis
b. Menciptakan dominasi antar
manusia, suku bangsa, budaya dan gepografis
c. Meningkatkan dominasi antar
manusia, suku bangsa, budaya dan gepografis
d. Membaharui dominasi antar manusia,
suku bangsa, budaya dan gepografis
e. Jawaban a,b,c,d Semuanya salah
26. Gereja gereja di Indonesia sangat concern
terhadap multicultural. Hal itu Nampak pada beberapa hal, kecuali….
a. Gereja 2
memiliki anggota lintas suku
b. Gereja 2
mengadopsi beberapa budaya local kedalam ilturgie ibadah minggu
c. Gereja 2
memberi pelaynan kepada masyarakyat umum tenpa membedakan daerah asal, budaya,
agama, kelas social dll
d. Gereja2
membangun dialog dan kerja sama dengan umat beragama lain.
e. Gereja 2
membangun pelayanan berdasarkan satu warna kulit dan suku
27. Walau Alkitab tidak menuliskan secara
sfesifik tentang HAM, namun esensi ajaran kristiani sangat selaras dengan
deklarasi HAM seperti nats ini, yaitu…
a. Manusia
adalah gambar Khaliknya
b. Manusia
adalah gambar ayahnya
c. Manusia
addalah gambar seterunya
d. Manusia
adalah gambar gurunya
e. Manusia
adalah gambar inkarnasi
28. Sebagai gambar Allah,
berarti manusia itu memiliki sesuatu yang sangat hakiki, yaitu
a. Manusia
memiliki hak dan martabat
b. Manusia
memiliki kemauan yg tak boleh diatur
c. Manusia
selalu memiliki niat jahat
d. Manusia
memiliki niat yang buruk
e. Manusia
memiliki kuasa utk orang lain
29. Hak untuk hidup dan merasa aman,
memiliki privasi, berkeluarga, hak milik pribadi, menyatakan pendapat dengan
bebas, adalah merupakan …..
a. Hak-hak
Politik
b. Hak-hak warga
Negara
c. Hak-hak
ekonomi dan social
d. Hak-hak religius
e. Hak-hak
gerejawi
30. Hak untuk bebas dari kemiskinan, hak
untuk diterima dalam masyarakyat dan bangsa-bangsa dan hak untuk menentukan
nasib sendiri, merupakan
a. Hak-hak Politik
b. Hak-hak warga
Negara
c. Hak-hak
ekonomi dan social
d. Hak-hak
religious
e. Hak-hak
gerejawi
31. Ya Tuhan, Allah kami, sekaranglah
waktunya bagi kami untuk bertindak bersama orang lain, tidak hanya berbicara
tentang keadilan tetapi juga melakukannya,. Tidak hanya berbicara tentang
kasih tetapi menjalaninya. Tidak berbicara tentang pengharapan, tetapi
juga menebarkannya. Ungkapan diatas merupakan penggalan dari……
a. Deklarasi
Human rights
b. Deklarasi HAM
Indonesia
c. Doa bagi
Pembela Hak-hak Azasi
d. Doa Konvensi
Wina
e. Ungkapan
wajib pembukaan Sidang Umum PBB
32. Beribadah kepada Tuhan
sambil mebawa korban persembahan dan syukur dan puji-pujian itu, sifatnya
sangat wajib. Tetapi dalam Amos 5:19-24, Tuhan membenci ibadah umatNya.
Alasannya ialah……….
a. Karena Per 10 annya kurang
b. Karena iuran jemaat sangat
sedikit
c. Karena tak ada keadilan
d. Karena tak ada music saat
ibadah
e. Karena Pendetanya kuran
urapan
33. Ditengah hidup yang belum nyaman,
Bangsa Israel mendapat perintah untuk mendirikan kota-kota Perlindungan.
Tujuannya ialah……..
a. Supaya setiap pelaku
kejahatan berlindung disana
b. Supaya setiap pelaku
kejahatan lolos dari hukum
c. Supaya pelaku pembunuhan yg
tidak disengaja mendapat hukum yg adil
d. Supaya mendapat ampun dari
Imam
e. Supaya tidak diketahui orang
lain
34. Pada Tahun 511 dalam konsili Orleans
dan dihadapan Raja Clovis 1 dihasilkan sebuah keputusan, yg bernuansa HAM,
yaitu….
a. setiap pencari suaka akan
diberikan apabila ia berlindung digereja
b. Setiap pencari suaka akan
diberikan apabila ia pergi kekota perlindungan
c. setiap pencari suaka akan
diberikan apabila ia berlindung diistana raja
d. setiap pencari suaka akan
diberikan apabila ia berlindung diRoma
e. setiap pencari suaka akan
diberikan apabila ia berlindung di Yerusalem
35. Berikut adalah cakupan
hak-hak asasi, kecuali..
a. Hak warga negara
b. Hak – hak politik
c. Hak - hak ekonomi dan sosial
d. Hak mencuri
e. Hak – hak golongan minoritas
dan bangsa-bangsa
36. Berikut adalah pernyataan
Jurgen Moltman mengenai kedaulatan Allah didalam diri manusia, kecuali...
a. Dimensi individual
b. Dimensi sosial
c. Dimensi futurologisnya
d. Dimensi politik
e. Semuanya benar
37. Konsili itu artinya Rapat Akbar Pemimpin Gereja.
Salah satu hasil konsili tersebut adalah menetapkan kitab-kitab menjadi bagian
Alkitab. Kita yang menjadi bagian dari Alkitab tersebut disebut….
a. Kitab Apostolik
b. Kitab Kononik
c. Kitab
Nubuatan
d. Kitab scribtura
e. Kitab
bayangan
38. Hasil konsili yang lain adalah menetapkan “Pengakuan
Iman” sebagai syahadat orang Kristen. Dibawah ini yang bukan Pengakuan iman
tersebut ialah, kecuali
a. Pengakuan
iman Konstantinopel dan Pengakuan Iman Rasuli
b. Pengakuan
ankwisi
c. Pengakuan
sansekerta
d. Pengakuan
deutranika
e. Pengakuan
Indonesia
39. Sesudah kemerdekaan, para pendiri
bangsa memasukkan HAM dalam...
a. Pancasila
b. UUD 1945
c. UU
d. A dan B benar
e. A dan C benar
40. HAM merupakan....
a. Hak yang dimiliki setiap
orang
b. Hak yang dimiliki
pemerintah
c. Hak yang dimiliki
polisi
d. Hak yang dimiliki
orang tua
e. Semua salah
41. Didalam Perjanjian Lama kita membaca
kota Perlindungan. Tujuan “kota-kota perlindungan” dibangun ialah untuk…..
a. Agar orang jahat bisa
berlindung
b. Agar orang yang tidak
sengaja menyebabkan kematian orang lain tidak
dibalas
dengan dibunuh dengan semena-mena
c. Agar orang orang lemah
bisa berlindung
d. Agar orang orang yang
tidak punya rumah bisa berlindung
e. Supaya
setiap orang pembunuh bebas hukuman selamanya
42. Konsep “kota-kota perlindungan”
kemudian diambil alih oleh gereja Kristen dengan menetapkan gereja sebagai....
a. tempat perlindungan
b. tempat beribadah
c. tempat
berjualan
d. tempat mencari
pekerjaan
e. semua
salah
43. Keadian tak ada hilang entah kemana.
Pada hal mereka adalah Umat Tuhan. Akibatnya ialah………
a. Mereka
makmur dan maju
b. Rukun dan
masyhur
c. Ibadah
penuh dengan ucapan syukur
d. Ibadahnya di
kenan Tuhan
e. Ibadah dan
perayaan serta korban persembahannya ditolak Tuhan
44. Mencakup hak untuk berserikat,
membentuk partai politik, dll merupakan hak asasi...
a. Hak
politik
b. Hak sosial
c. Hak
ekonomi
d. Hak warga negara
e. Hak
pribadi
45. Mencakup hak untuk bebas dari
kemiskinan, hak untuk diterima masyarakat dam bangsa-bangsa merupakan hak
asasi....
a. Hak
ekonomi
b. Hak sosial
c. Hak
privasi
d. A dan C benar
e. A dan B
benar
46. Mencakup hak untuk hidup dan merasa
aman, memiliki privasi, berkeluarga, dll merupakan hak....
a. Hak warga
negara
b. Hak politik
c. Hak
ekonomi
d. Hak sosial
e. Salah
semua
47. Sebagai bentuk bahwa Indonesia
merupakan salah satu Negara yang menerima Deklarasi HAM, maka dibuatlah Undang2
yang mengatur HAM tersebut, yaitu……..
a. UU
no 9 Tahun 1989
b. UU no 19 Tahun
1999
c. UU no 29 Tahun
1989
d. UU no 39 Tahun
1999
e. UU no 49 Tahun
1989
48. Di kota
Antiokia inilah nama “Kristen” itu pertama kali disebut. Setelah timbul
penganiayaan, orang percaya menyebar keseluruh dunia dan menikmati zaman ‘emas ‘
setelah Kaisar Roma bertobat. Namun setelah itu gereja masuk dalam masa
kegelapan. Penyebab gereja masuk dalam masa kegelapan tersbut ialah………
a. Gereja Mengesampingkan
anugerah dan menjual surat utang dosa
b. Gereja
tidak lagi membabtis
c. Gereja
tidak menjalankan sakramen
d. Gereja
tidak memiliki Pemimpin
e. Gereja tidak
lagi pecaya kepada setiap kepala Negara
49. Seluruh
rangkaian ibadah dari awal sampai akhir disebut……..
A, Liturgos
b.
Penyembahan
c. Votum
salam
d. Pengutusan
e. Liturgi
50. Sola
Gracia, Sola fide dan sola scribtura merupakan pernyataan Marthin Luter yang sedang
dijamah Rohkudus. Ketiga ucapan tersebut merupakan bagian dari,…
a. Slogan
reformasi gereja
b. Slogan
melawan iblis yg mengikat seseorang
c. Slogan perang
salib
d. Slogan pemujaan
bapa gereja
e. Slogan putus
asa karena penderitaan berat