SOAL AGAMA KRISTEN KLS XI
SEMESTER GENAP TAHUN 2018-20019
PG. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
memilih
jawaban dari yang disediakan
1.
Salah
satu tofik materi pelajaran Agama yang saudara terima adalah kebudayaan.
Dibawah ini yang menjadi defenisi kebudayaan adalah:
a.
Sebuah
kebiasaan yang berawal di Surga
b.
Sebuah
cara hidup masarakyat tertentu yg dimiliki bersama dan berkembang dan
diwariskan dari generasi ke genarasi.
c.
Cara
manusia purba semata ketika menyembah arwah
d.
Berbagai
bentuk barang barang antik
e.
Hanya
sebuah tatacara pemakaman tradisional sebuah kelompok masyarakyat
2.
Pernyataan
dibawah ini yang benar tentang kebudayaan adalah…
a.
Kebudayaan
itu buatan Tuhan dan bermula dari Surga
b.
Kebudayaan
adalah karya manusia sekaligus sebagai bukti usaha manusia menjalani dan
mengembangkan kehidupan kumunitas masing masing.
c.
Kebudayaan
tercipta secara alami
d.
Kebudayan
hasil tipu muslihat kuasa kegelapan utk menyesatkan manusia
e.
Kedubayaan
adalah perpadua usaha setan dan ciptaan selalin manusia
3.
Kamu
sudah belajar beberapa bentuk hubungan gereja dengan kebudayaan. Sikap gereja yg tidak bertentangan
tetapi juga tidak menyatukan diri kedalam kebudayaan, gereja dan kebudayaan
berada dalam hubungan yang damai. Bentuk hubungan ini disebut…….
a.
Antagonis
b.
Dualisme
c.
Pengudusan
d.
Dominasi
e.
Akomodasi
4.
Sikap
gereja terpisah dengan kebudayaan, tetapi tidak saling bertentangan. Sehingga
orang Kristen dapat berada dalam kebudayaan sekaligus berada dalam anugerah
Allah. Bentuk hubungan ini disebut…….
a.
Pengudusan
b.
Akomodasi
c.
Dominasi
d.
Antagonis
e.
Dualisme
5.
Tokoh
dibawah ini melandasi keilmuan mereka dengan iman. Ungkapan “ kami memandang
kitab suci Allah sebagai filsafat yang paling agung. Saya menemukan tanda
keotentikan yg lebih banyak didalam Alkitab dari pada didalam sejarah dunia
manapun” , kalimat tersebut diucapkan oleh……….
a.
Francis
bacon
b.
Michael
Faraday ahli fisika
c.
John
Hercsehll, ahli astronomi
d.
Isaac
Newton penemu hokum gravitasi
e.
Samuel
Morse, penemu telegram
6.
Ilmu
Pengetahuan dan Tehknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan
manusia sebagai ciptaan Allah. Manusia memiliki daya cipta dan kreasi. Hal itu
menunjukkan manusia sebagai………
a.
Mahkluk
social
b.
Mahkluk
mesin yg canggih
c.
Gambar
dan teladan Allah yg penuh bakat dan talenta dan akal budi
d.
Gambar
dan rupa genetika Adam
e.
Gambar
dari seteru Allah
7.
Yang
Mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum, adat dan kebiasaan
masyarakyat. Merupakan pengertian dari…..
a.
Sejarah
manusia
b.
Theologia
Kristen
c.
Filsafat
Yunani kuno
d.
Kebudayaan
e.
Saksi
perkembangan komunitas
8.
Perkembangan
Kebudayaan tidak selalu cepat ada yang lambat bahkan ada yang mandeg. Kebudayaan
seperti ini disebut………
a.
Bersifat
dinamis
b.
Berkembang
c.
Bersifat
statis
d.
Bersifat
geografis
e.
Bersifat
theosentris
9.
Teori
Nicholas Copernicus ini menggoyahkan kepercayaan yang sudah lama dianut gereja.
Dan menjatuhkan hukuman mati kepadanya. Teori Nicholas tersebut ialah………
a.
Bumi
dan planet lain mengelilingi bulan
b.
Bumi
dan planet lain mengelilingi matahari
c.
Matahari
dan planet lain mengelilingi bumi
d.
Saturnus
dan Jupiter mengelilingi bumi
e.
Semuanya
benar
10.
Kebudayaan
bergerak secara dinamis dalam sejarah dan selalu maju serta diwariskan turun
temurun serta mengalami perubahan positif maupun negatif. Ciri kebudayaan
termaksud adalah
a.
Bersifat
wujud nilai nilai
b.
Bersifat
geografis
c.
Bersifat
historis
d.
Bersifat
teologis
e.
Bersifat
geosentris
11.
Pendidikan
telah dimulai sejak Nabi Musa memimpin bangsa Israel. Laki-laki Yahudi memasuki
kelas-kelas khusus untuk mempelajari keagamaan dan kesusilaan Yahudi. Ini
menunjukkan bahwa sesungguhnya pendidikan dapat dikatakan…
a.
Merupakan
bagian yg sangat berharga
b.
Berpusat
pada hal keagamaan
c.
Mengajarkan
nilai-nilai kehidupan
d.
Harus
diberikan kepada laki-laki
e.
Tidak
terbatas pada usia tertentu
12.
Tujuan
mula-mula didirikannya sinagoge adalah untuk pendidikan anak-anak Yahudi. Hal
ini menggambarkan bahwa bagi orang Yahudi pendidikan merupakan…
a.
Hal
utama dan yang pertama
b.
Penyebab
siagoge beralih fungsi
c.
Ketentuan
orang belajar Taurat
d.
Pengembangan
potensi anak-anak
e.
Dapat
menjadikan hidup menusia kudus
13.
Ketika
Tuhan Yesus berusia 12 tahun dan duduk bersoal jawab dengan para ahli Taurat di
Bait Allah, Tuhan Yesus sedang memenuhi kewajibannya, yaitu..
a.
Melafalkan
hokum Taurat
b.
Sudah
diizinkan menikah
c.
Mengajar
imam peraturan hokum Yahudi
d.
Saran
untuk mengenal Kitab Suci
e.
Menjadi
guru bagi murid-muridNya.
14.
Alkitab
mengajarkan bahwa pendidikan setara dengan ibadah. Hal ini ditunjukkan melalui…
a.
Pendidikan
pada masa usia 5-30 tahun
b.
Focus
pendidikan adalah pada pengajaran Taurat
c.
Pendidikan
dilaksanakan si sinagoge
d.
Pelaksan
pendidik ada para ahli Taurat
e.
Keluarga
adalah tempat pendidikan yang utama
15.
Paulus
Memandang bahwa moral adalah ekspresi atau buah dari sebuah pendidikan. Hal ini
tersirat dalam kalimat berikut…
a.
“persembahkanlah
tubuhmu sebagai…”
b.
“hendaklah
perempuan jangan mengajar…”
c.
“tinggillah
di dalam aku, dan aku di dalam kamu…”
d.
“berubahlah
oleh pembaharuan akal budimu…”
e.
“karena
itu, matikanlah dalam dirimu manusia lama dan …”
16.
Meskipun
ia belajar Taurat bukan dari ayahnya melainkan dari ibunya, didikan itu
berhasil untuk…
a.
Meneguhkan
keyahudiannya
b.
Membentuk
komunitas baru
c.
Membentuk
watak dan karakter
d.
Mempengaruhi
orang lain dengan Taurat
e.
Menanmkan
tradisi lisan Yahudi
17.
Kepada
bangsa Israel, Musa memerintahkan agar mengajar anak-anak dengan berulang-ulang
di mana saja dan kapan saja. Ini
mengandung
makna bahwa pendidikan mencakup..
a.
Seluruh
kehidupan manusia
b.
Hal
keimanan kepada Tuhan
c.
Pembentukan
kepribadiann seseorang
d.
Penanaman
tradisi lisan Yahudi
e.
Penyebaran
ajaran iman Yahudi
18.
Sekolah
sebagai lembaga pendidikan hanya mampu berperan memperhalus tingkah laku anak
karena..
a.
Sekolah
tidak berhak mengubah tingkah laku orang
b.
Karakter
anak sudah tertanam kuat sejak masih kecil dalam keluarga
c.
Sekolah
tidak mengajarkan Alkitab kepada perserta didik
d.
Pemerintah
tidak mengizinkan sekolah menanamkan kedudusan
e.
Guru
di sekolah bukan orangtua yang bertanggung jawab atas perilaku peserta didik
19.
Sekolah
yang mengembangkan kebudayaan dalam pembentukan karakter kristiani akan
mengembangkannya berdasarkan…
a.
Situasi
sekolah
b.
Kebutuhan
sekolah
c.
Kurikulum
sekolah
d.
Nilai-nilai
kristiani
e.
Nilai-nilai
Pancasila
20.
Ditempat
dimana manusia hidup dan berkembang disitu terciptalah kebudayaan. Dibawah ini
yang tidak termasuk produk kebudayaan adalah…
a.
Keselamatan
melalui anugerah Allah
b.
Babtisan
air
c.
Peralatan
music gereja
d.
Gedung
dan bangku gereja
e.
Pemujaan
terhadap ilah
21.
Pak
Antonius membakar semua hasil tenun, blangkon, membuang keris dan hasil
kerajinan sukunya. Ia menganggap semua itu adalah najis karena hasil
kebuadayaan suku. Sikap yg ditunjukkan pak Nantonius adalah:
a.
Dominasi
b.
Antagonistis
c.
Akomodasi
d.
Pengudusan
e.
Dualisme
22.
Pak
Gunawan setiap hari Minggu selalu pergi beribadah kegereja. Tetapi saat sakit,
selain berdoa ia pergi juga kepada dukun. Sikap pak Gunawan tersebut adalah..….
a.
Dualisme
b.
Dominasi
c.
Akomodasi
d.
Pengudusan
e.
Antagonis
23.
Romely
akhirnya bertumbuh menjadi remaja Kristen yang tidak dapat bertanggung jawab terhadap
tugasnya sendiri. Ia tidak memikirkan masa depannya sehingga tidak ada motivasi
untuk belajar. Di rumah pun ia sangat tertekan karena didikan orangtuanya yang
selalu…
a.
Otoriter
b.
Otoriatif
c.
Protektif
d.
Memanjakan
e.
Membiarkan
24.
Yosua
menjadi kepala keluarga yang diteladani oleh keluarga dan bangsanya. Hal itu
tampak melalui keputusannya tentang…
a.
Menyembah
kepada Tuhan
b.
Memasuki
Tanah Kanaan
c.
Kewajiban
membinasakan kota Ai
d.
Mengganti
Musa memimpin Israel
e.
Berani
mengepung tembok Yerikho
25.
Yusuf
tidak pernah mengekang Linda dan Ibu Rima juga tidak memanjakannya. Baik yusuf
maupun Rima selalu mendoakan dan menjadi motivator terbaik bagi Linda dengan
cara….
a.
Membiayai
kegiatan ekstrakurikuler Linda
b.
Mendukung
kegiatannya yg bermanfaat
c.
Menyediakan
semua kebutuhan Linda
d.
Menyediakan
fasilitas mewah dirumah
e.
Menegur
linda jika kurang displin
26.
Teladan
yang ditunjukkan oleh orang tua kepada anak-anaknya akan menjadi gambaran yang jelas
tentang…
a.
Siapakah
Allah bagi manusia
b.
Keselamatan
yang dikerjakan Yesus
c.
Kokohnya
iman Kristen dalam keluarga
d.
Jaminan
keselamatan bagi keluarga
e.
Rencanna
Allah pada masa depan
27.
Teladan
tidak baik yang diberikan oleh Ribka kepada anak-anaknya adalah ketika sebagai
seorang ibu, dia melakukan hal berikut…
a.
Menerima
lamaran Ishak
b.
Melahirkan
Esau sebagai anak pertama
c.
Mengasihi
Yakub dengan tulus
d.
Mengajari
Yakub cara menipu ayahnya
e.
Mengajari
Yakub cara memasak
28.
Yakub
sangat mengasihi Yusuf dan Benyamin karena mereka dilahirkan oleh…
a.
Pembantu
perempuan yang cantik
b.
Lea
isterinya yg paling dikasihi
c.
Para
wanita penghibur yg setia
d.
Rahel,
isteri yang sangat dicintai
e.
Hamba
perempuan yang sangat setia
29.
Karakter
remaja Kristen dalam pendidikan sekolah dapat dibangun melalui…
a.
Ekstrakulikuler
b.
Kurikulum
sekolah
c.
Pendidikan
Agama
d.
Bimbingan
konseling
e.
Upacara
bendera
30.
Pendidikan
di sekolah diharapan dapat memberi menfaat bukan hanya untuk menambah ilmu
pengetahuan, tetapi juga untuk…
a.
Memberi
peluang berprestasi
b.
Membangun
jiwa kepimpinan
c.
Mengembangkan
semua keahlian remaja
d.
Mempersiapkan
masa depan yang baik
e.
Menanamkan
budi pekerti yang luhur
31.
Remaja
Kristen mengikuti pendidikan di sekolah dengan tujuan…
a.
Menjadi
remaja yang cerdas
b.
Mampu
bersaing di masryarakat
c.
Dapat
berusaha hidup mandiri
d.
Menjadi
remaja yang beriman dan berilmu
e.
Menjadi
kebanggaan orangtua karena prestasinya
32.
Manusia
diciptakan Allah sebagai gambar dan rupa-Nya. Hal itu terbukti karena hanya kepada
manusia dikaruniakan…
a.
Keinginan
untuk kawin
b.
Membangun
hidup tanpa budaya
c.
Mengalami
kematian
d.
Nihil
Ilmu dan Teknologi
e.
Akal
budi
33.
Dibawah
ini dituliskan tempat2 pemujaan atau tempat
ibadah kepada Allah yang hidup yg disebutkan dalam Perjanjian Lama, mulai dari yg sederhana sampai yang semi
permanent. Tempat tersebut ialah, kecuali..
a.
Loh
batu
b.
Mezbah
c.
Kemah
Suci atau Kemah Pertemuan
d.
Bait
Allah
e.
Gereja
34.
Bekerja
bukanlah akibat dosa melainkan penerapan dari mandate kebudayaan yang diberikan
Allah kepada manusia, yaitu…
a.
Beranak
cuculah di muka bumi
b.
Berikanlah
nama pada binatang
c.
Beritakanlah
damai sejahtera
d.
Memelihara
dan mengusahakan taman
e.
Jangan
raba buah pohon pengetahuan
35.
Kebudayaan
dapat berkembang setiap saat seiring dengan…
a.
Meningkatnya
kebutuhan manusia
b.
Selera
manusia yang berubah
c.
Kebutuhan
yang berbeda-beda
d.
Keinginann
manusia sebagai pelaku
e.
Perkembangan
zaman dan teknologi
36.
Gereja
menjatuhkan hukuman mati kepada Nicholas Copernicus karena mengemukakan teori
yang bertentangan dengann kebenaran yang selama ini diajarkan oleh gereja.
Peristiwa ini menggambarkan bahwa…
a.
Gereja
membawa pembaharuan
b.
Gereja
menguasai kebutuhan
c.
Gereja
penentu semua kebenaran
d.
Gereja
bertentangan dengan ilmuwan
e.
Gereja
berpartisipasi dalam penelitian
37.
Melalui
kebudayaan, semua manusia pada zamanya berupaya mewujudkan…
a.
Teknologi
yang dihasilkannya
b.
Tingkat
pengetahuan sendiri
c.
Keinginan
secara pribadi
d.
Cita-cita
yang diinnginkan
e.
Kehidupan
yang lebih baik
38.
Orang
Kristiani yg sudah belajar Agama dan mengetahui kebenaran tetapi murtad menolak
Tuhan Yesus Kristus, ia akan menerima siksa Neraka yg kekal tdk ada pengampunan
lagi. Alasannya adalah karena…
a.
Menolak
Tuhan Yesus Kristus yg Mahakuasa dan yg mengasihi dirinya
b.
Karena
dia sudah menghujat Allah
c.
Karena
menyalibkan Yesus dua kali
d.
Karena
menolak kasih karunia Allah yg besar
e.
A
sd D benar semua
39.
Kebiasaan
Abraham untuk mendirikkan mezbah bagi Allah di setiap tempat dimana ia berkemah
adalah unsur budaya yang menunjukkan adanya…
a.
Konsep
tentang alam
b.
Konsep
tentang manusia
c.
Konsep
tentang hidup
d.
Konsep
tentang mati
e.
Konsep
tentang Allah
40.
Hasil
kebudayaan manusia yang ada hubungannya dengan rohani yang benar di hadapan
Allah adalah…
a.
Istana
Raja Herodes yang mewah
b.
Kemah
suci di padang gurun
c.
Lembu
sapi di kaki gunung
d.
Menara
Babel karya anak-anak Nuh
e.
Kuil
Baal orang Filistin
41.
Hasil
kebudayaan yang dibangun manusia sebagai sarana pemberontakan kepada Allah yang
Mahakuasa, adalah…
a.
Lembu
sapi yang terbuat dari emas
b.
Tembok
Yerusalem yang dibangun kembali
c.
Pembacaan
kitab Taurat oleh Ezra
d.
Pernikahan
antara Rut dan Boas di Israel
e.
Kemah
suci yang didirikan oleh Musa
42.
Salomo
mendirikan Bait Allah yang indah sebagai wujud ketaatannya kepada Allah.
Pendirian Bait Allah ini dilaksanakan berdasarkan…
a.
Permohonan
seluruh rakyat Israel
b.
Kemashyuran
Raja Salomo
c.
Karena
Raja Daud ingin cari nama
d.
Rancangan
Allah sendiri supaya Umat menyembah Dia sebagai TUHAN
e.
Kebiasaan
bangsa bangsa disekitar Israel
43.
Semua
ilmu pengetahuan dan teknologi canggih yang berkembang saat ini dapat terjadi
karena Allah telah mengaruniakan kepada manusia…
a.
Insting
yang hebat
b.
Perasaan
lebih unggul dari ciptaan lain
c.
Akal
budi yang harus dikembangkan
d.
Kebudayaan
yang modern
e.
Pengetahuan
tentang dunia
44.
Contoh
remaja Kristen yang terseret ke dalam gaya hidup modern adalah…
a.
Mementingkan
hasil akhir
b.
Senang
menjelaskan segalanya
c.
Menaati
prosedur administrasi
d.
Sabra
menunggu waktunya tiba
e.
Meluangkan
waktu untuk bercanda
45.
Manusia
tidak mengusahakan dan memelihara alam semesta, akibatnya adalah…
a.
Sumber
hidup manusia semakin mudah
b.
Banyak
musibah, bencana alam, banjir terjadi menimpa manusia
c.
Banyak
anak yang lahir cacat
d.
Manusia
bebas penyakit kronis
e.
Umur
manusia semakin panjang
46.
Kebudayaan
itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia termasuk dalam hubungan
dengan Tuhan sebab…
a.
Manusia
hidup di dalam budaya
b.
Kebudayaan
adalah ciptaan Tuhan
c.
Tuhan menugaskan manusia untuk menjadi
Makhluk
yang berbudaya
d.
Kebudayaan
itu kudus bagi Tuhan
e.
Semua
kebudayaan adalah prestasi
47.
Kebudayaan
menyangkut seluruh karya dan prestasi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ini
berarti…
a.
Kebudayaan
adalah prioritas hidup
b.
Kebudayaan
mempengaruhi keyakinan
c.
Kebudayaan
bukanlah hal yang utama
d.
Kebudayaan
tidak mempengaruhi iman
e.
Kebudayaan
dipengaruhi oleh keyakinan
48.
Gereja
tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan. Contoh kebudayaan yang diterapkan
secara fisik dalam hidup bergereja diwujudkan dalam bentuk…
a.
Kuburan
orang Cina yang artistik
b.
Batu
nisan di makan risten
c.
Lagu-lagu
rohani
d.
Bentuk
bangunan gereja
e.
Bentuk
liturgy gereja
49.
Salah
satu tanda kehadiran kebudayaan dalam kehidupan rohani manusia nampak melalui
Kemah suci yg didalamnya terdapat peralatan2 sebagai lambing lambang tindakan
rohani. Didalamnya ditaroh 7 peralatan khusus. Peralatan yang tempatnya berada
di Pelataran Kemah Suci ialah……
a.
Tabut
(Peti) Perjanjian
b.
Mezbah dupan dan kandil emas
c.
Mezbah korban bakaran dan kolam
pembasuhan
d.
Meja roti sajian dan Pelita
e.
Tiang
dan tirai suci
50.
Dan
Peralatan yang tempatnya berada di Ruang Maha Suci ialah….
a.
Tiang
dan tirai suci
b.
Meja
roti sajian dan Pelita
c.
Tabut
(Peti) Perjanjian
d.
Mezbah
dupan dan kandil emas
e.
Mezbah
korban bakaran dan kolam pembasuhan
kak, ada kunci jawaban tidak kak?
BalasHapusAda
HapusDmn
HapusDimana kakak jawabannya
Hapusada kunci ga kak
BalasHapusKunci Jawaban
HapusKunci jawabannya mana kak?
BalasHapusAda kunci jawaban ngaa ?
BalasHapusJawaban?
BalasHapusAda gk?
BalasHapuskak Kunci jawbannya ada?
BalasHapusKnci jwbnnya dmna?
BalasHapusKunci jwbn nya ada ?
BalasHapusKaka kirim kunci jawaban
BalasHapusKaka kirim kunci jawaban
BalasHapusKak ngk ada kunci jawabnya to
BalasHapusKak kirim kunci jawabnya
BalasHapusKunci jawabnya kak ?
BalasHapusIya kak kunci jawabannya
BalasHapusKunci jawaban?
BalasHapusKunci jawabannya mana ka
BalasHapuskak boleh minta kunci jawbannya gak
BalasHapus